Kamis, 07 Agustus 2014

UANG TERTELAN MESIN ATM

Disini saya ingin berbagi pengalaman saya pada tanggal 6 Agustus 2014 sore. Pada hari itu saya ingin melakukan pencairan uang di ATM BRI namun kesialan menimpaku hari itu. Saya melakukan pencairan 2x. Pertama senilai 500.000 dan itu berjalan mulus tanpa gangguan. Kedua saya mencairkan uang sebanyak 200.000 tetapi saat setelah pencairan sedang terproses dan uang keluar bersamaan dengan kartu ATM masing masing pada lobang kartu dan lobang mulut uang . Karena bersamaan saya tanpa berpikir apapun mengambil terlebih dahulu kartu ATM saya dan memasukan nya ke dompet yang ada di saku. Apesnya ketik saya akan mengambil uang yg masih berada di mulut mesin uang itu masuk kembali ke mesin. Saya seketika terkejut dengan hal itu karena saya baru pertama kali mengalaminya saat itu. Lalu sy langsung bergegas menghampiri satpam yg berada di depan bang dan menanyakan hal itu. Satpam tersebut memnyarankan untuk saya mengeprint buku tabungan di bank yang menerbitkan kartu ATM saya (Bank Jateng). Karena saat itu sudah sore dan bank rata rata sudah tutup ibu saya keesokan harinya mengurus ke bank Jateng untuk menanyakan lebih lanjut tentang hal itu dan mengeprint buku tabungan. Pihak bank jateng telah menjelaskan untuk menghampiri bank BRI tempat mesin Atm td dan membawa serta buku tabungan . Tapi hasinya nol pihak bank BRI tidak mau mengurus dengan hal tersebut dengan alasan repot dan menyarankan untuk mengurus di bank Jateng. Entah itu sebuah permainan pelemparan atau apa. bayangkan saja jika terjadadi 10 kasus dengan berbagai jumlah uang? dimana uang tersebut dan dialokasikan kemana? jika sehari ada 10 kasus dengan tunai 100.000 maka sehari ada 1000.000 uang yang entah kemana . dalam 30 hari? terbayang? mungkin seharusnya ada petunjuk atau peringatan di samping mesin atm bahwa uang harus segera di ambil setelah keluar dari mesin atau peringatan beberapa detik setelah uang keluar mulut ATM akan menutup kembali. Terpikirkan jika yang kehilangan uang adalah orang yang di tinggal org tuanya di luar kota dan sangat membutuhkan uang? harus bagaimana mereka mengatasi hal seperti ini sedangkan pihak bank hanya saling melempar?sangat memprihatinkan memang .

66 komentar:

  1. Mbak saya baru mengalami hal yg sama oktober lalu dgn nominal 1jt tp kemudian pihak bro pun melempar tanggungjawabnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jd skrng gi mn bang bisa di ambil nggk uang ya, klau saya udh hmpir 1 bulan bang, blm bisa2 ngambil uang saya yg tertelan

      Hapus
    2. Saya baru kerjadian seperti itu pas ambil uang kok ATM kluar uang ga kluar .dengan bacaan eror mesin nya pas telephone 140717 katanya diroses proses 10 hari kedepan itu uangnya bakalan kmbali ga ya 😫 tarik tunai pada saat itu 1.000.000

      Hapus
    3. Maaf
      Uangnya sudah kembali belum?
      Apakah kejadian itu di ATM BRI?

      Hapus
  2. Mbak saya baru mengalami hal yg sama oktober lalu dgn nominal 1jt tp kemudian pihak bro pun melempar tanggungjawabnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin memang pelayanan dalam hal seperti ini harus di kritik

      Hapus
  3. Suami saya juga mengalami hal yang sama,dan setelah melakukan proses pengaduan pihak BRI bilang suruh tunggu sampe 14 hari,pas sdh 14 hari pihak bank BRI bilang ada kesalahan waktu proses pengaduan jadi suruh tunggu 10 hari daannn setelah 10 hari suruh tunggu lagi sampai sekarang blm ada kejelasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin memang begitu, untuk pelajaran kita semua kedepannya harus lebih hatihati hehe

      Hapus
    2. Terus uang ya sudah di kembalikan blm mba

      Hapus
    3. Terus uangnya udah dikembalikan blm mbk?

      Hapus
    4. tidak kembali sampai saat ini

      Hapus
  4. Dan sekarang terjadi kepada saya mahasiswi perantau. Yang harusnya untuk kebutuhan primer harus terbuang sia sia. Walau tak seberapa bagi saya itu sangat berharga

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Suami saya juga baru banget mengalami hal ini, kartu mandiri yang bertransaksi di Link BRI, uang terpotong tapi tidak keluar dari ATM. setelah melakukan pengaduan, ternyata disuruh nunggu terus oleh bank dari awalnya 3 hari, mundur menjadi 7 hari, mundur sampai 14 hari dan sekarang disuruh nunggu 20hari lagi. waaaah gila nggak sih? saya semakin tidak percaya dengan pelayanan yang katanya BANK yang memiliki sistem canggih. melayani nasabahnya saja buruk sekali seperti ini.

    BalasHapus
  7. Mf uang nya kembali lagi ga soal nya saya ngalamin uang masuk kembali ke mesin atm

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bs keluar lagi...mungkin bs mencoba dilaporkan ke bank terkait, siapa tau bank tsb bs mengembalikan

      Hapus
  8. ���� saya 1.5 juta ya Allah kejadiaannya tgl 4mei kemarin dan saya suruh nunggu blm ada kabar,mana saya anak kos saya sampai berhutang ke teman" saya,sekarang kalau mau ambil uang jadi trauma.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bismillah dulu kak, rejeki sudah ada yang mengatur. lain kali lebih berhatihati dan smg allah ganti lebih banyak

      Hapus
  9. Saya mengalami hal yg sama.. Ketika ambil uang pertama berhasil senilai 1 jt dn pnarikan ke 2 snilais 2 jt pas pnarikan uang ke 3 senilai 1.1 jt uangnya gak muncul pas lihat saldo udah kpotong dan struk kluar.. Saya melakukan di bank atm bersama yaitu bank sumswl babel,kartu atm saya kartu bca.. Amat amat kcwa saya dngan pelayanan nya

    BalasHapus
  10. Tadi pagi saya juga mengalami peristiwa yang sama uang tidak keluar tetapi saldo terpotong

    BalasHapus
  11. Temen saya baru aja mengalami kejadian yang sama uang ssenilai 500 ribu terletan lagi di atm bank kalsel, padhal cuma telat ngambil skitar 10 detik aja. Itu nanti gimana ya moga aja bisa balik kesaldo lagi duitnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh coba di laporkan kepada bank terkait, semoga saja bisa kembali lagi uangnya.

      Hapus
  12. Yudi ansyah bagaimana apa sudah dikembalikan pihak bank

    BalasHapus
  13. Barusan suami saya transaksi 1jt .. cz mengembalikan atm ke dompet .eh pas mau ambil uang .uangnya masuk lg.aduh berti ga bs di kembalikan oleh pihak bank ya.😢😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh diusahakab dulu lapor ke bank terkait. siapa tahu sudah ada perbaikan pelayanan

      Hapus
  14. Barusan suami saya transaksi 1jt .. cz mengembalikan atm ke dompet .eh pas mau ambil uang .uangnya masuk lg.aduh berti ga bs di kembalikan oleh pihak bank ya.😢😢

    BalasHapus
  15. Iya bang...saya juga baru ngalamin kemarin...sudh saya laporkan di pihak bank tpi katanya disuruh tunggu 24 jam...klo saldonya ga balik katanya dibuatkan surat laporanjya...entah uangnya di kembaliakn atau tidak...kiga aja bisa langsung dikembalikan...��

    BalasHapus
  16. Saya baru saja semalem ambil uang 1.500 tapi uang belum sempet ambil ketelen lagi di mesin atm itu bisa di urus gak yah minta penjelasanya

    BalasHapus
  17. Sy dari Daerah Jember, kec.tanggul, desa Selodakon, dusun Tegal Paron. Jawa timur. ..... Nama MUHAMMAD MUSDAR. Kronologinya sy tadi siang ngambil uang sebesar Rp.500.000, setelah uang berada di Mulut ATM,masa saya gc langsung di Ambil, sy mau foto diwaktu berada di mulut mesin ATM untuk laporan ke Istri Lewat Wasshaap, ehhhh selang 10 detik ehhhh Nasib uangnya Ditelan lagi sama mesin ATM BRI. Masya Allah pasgimana ini saya Bingung uangnya sy mau buat beli baju istri untuk hari raya idul Fitri, itu gaji Panwas Pilpres kemaren Mungkin ini gc Barokah..... �������������������� Mohon bantuannya Kawan untuk ngurusinnya.... Enggeh plizzz

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa coba lapor ke pihak bank untuk di lakukan pengecekan pak.. semoga masih rejeki bapak dan bs kembali uangnya

      Hapus
  18. Sy dari Daerah Jember, kec.tanggul, desa Selodakon, dusun Tegal Paron. Jawa timur. ..... Nama MUHAMMAD MUSDAR. Kronologinya sy tadi siang ngambil uang sebesar Rp.500.000, setelah uang berada di Mulut ATM,masa saya gc langsung di Ambil, sy mau foto diwaktu berada di mulut mesin ATM untuk laporan ke Istri Lewat Wasshaap, ehhhh selang 10 detik ehhhh Nasib uangnya Ditelan lagi sama mesin ATM BRI. Masya Allah pasgimana ini saya Bingung uangnya sy mau buat beli baju istri untuk hari raya idul Fitri, itu gaji Panwas Pilpres kemaren Mungkin ini gc Barokah..... �������������������� Mohon bantuannya Kawan untuk ngurusinnya.... Enggeh plizzz

    BalasHapus
  19. Hari ini tepatnya pagi ini saya juga punya mslhnya yg sama dg yang lain, emang nggak bnyk sih saya ngambil uang nominal 350000 di ATM krn telat ambil uangnya jd berhamburan tp yg 50 rbnya tertelan krn telat ambil uangnya, gimana solusinya Ada yang tau nggak

    BalasHapus
  20. Saya mohon dari pihak bank bri harus bisa tanggung soaal duit 500 rbu ketelan

    BalasHapus
  21. Saya mohon dari pihak bank bri harus bisa tanggung soaal duit 500 rbu ketelan

    BalasHapus
  22. Saya mohon dari pihak bank bri harus bisa tanggung soaal duit 500 rbu ketelan

    BalasHapus
  23. Saya mohon dari pihak bank bri harus bisa tanggung soaal duit 500 rbu ketelan

    BalasHapus
  24. Saya mohon dari pihak bank bri harus bisa tanggung soaal duit 500 rbu ketelan

    BalasHapus
  25. Hal seperti ini sama dengan yang saya alami waktu kemarin dan pas cek saldo udh terpotong;(

    BalasHapus
  26. Saya baru saja kejadian sperti itu 29mei kemarin.sudah transaksi penarikan 500rb tpi dimesin tulisannya sedang diproses, lama bgt gx keluar2 duitnya truz saya cancel.saya pencet berkali2 baru bisa kluar kartu atm saya.tpi ya uangnya udh kepotong,500rb hilang..
    Blm saya urus ke pihak bank,soalnya besoknya pas tgl merah

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai saat ini bagaimana? apa uang nya kembali?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  27. Saya kemarin pas tanggal 8 july, tarik tunai di ATM BRI pas uang mau saya ambil eh ketelen juga sebesar 500.000, besok nya saya dateng komplen ke bank BRI yang saya ngambil duit, pas ditanya gimana2 nya saya jelasih gini2 cuman kata teller bank nya, mohon ditunggu pling cepet 14 hari kerja, pling lama 20hari kerja. Itu yang lain pada kembali ngga om.

    BalasHapus
  28. Saya jg ngalamin kaya gitu.. Uang dah keluar Karna hp jatuh Saya ambil hp. Selang brand detik duit dah masuk ke mesin ATM lgi

    BalasHapus
  29. Saya jg ngalamin bro, uang 500 rbu ketelan kembali ke mesin atm karena saya sedang mengangkat telepon mungkin kelamaan 10 detik ga diambil,kemudian bsokny saya lapor ke cs bankny disuruh menuliskan keluhan di form yg berisi lokasi atm, no kartu debit,No rek, fotokopi atm & buku rekening setelah itu mbak cs bilang maksimal 14 hari kerja uangny kembali ke rekening. Ga lama kemudian 4 hari ane cek alhamdulillah udah kembali uangny

    BalasHapus
  30. Teman saya juga mengalami hal yg sama.pas ambil uang d mesin ATM lalu main ATM tiba2 mti pas habis mencet nominal uang.teman saya sudah lapor d kantor BRI terdekat.tpi sudah 18 hari uang tmen saya belum jga kmbali.memang harus nunggu berapa lama pihak BRI mengembalikan uang yg ter telan

    BalasHapus
  31. kasus yg sama sy tarik uang 1jt pecahan 50rb yg keluar 500rb sisanya masuk lg.da hampir 1bln blm ada kepastian kembali itu uang.sdangakan pihak bank lempar tanggung jawab.

    BalasHapus
  32. Kejadian ini juga dialami saya, kasusnya sama uang saya senilai 1jt masuk lg ke dalam mesin atm apakah bisa kembali lg?
    Sudah ada yg dpt respon positif uangnya kemabali kah?

    BalasHapus
  33. Tadi saya tarik uang 900 di bank ATM Bersama,semua udh selesai tp ankq nangis, aq angkat ank n blm ambil uangx sama ATMnya dan resinya, tp semua udah ketelan lgi, itu gmn ya.. Apa uangnya bisa kmbali lagi

    BalasHapus
  34. Tadi saya tari uang 900 di ATM mandiri, semua sudah selesai tp aku blm smpt ambil uang, ATM dan resinya karna aku aku angkat ankq nangis, semua ketelan. Itu uangx bs kembali nggak ya

    BalasHapus
  35. Saya juga mengalami hal itu barusan banget😭 uangnya sudah saya pegang mau d ambil malah masuk lagi di tarik ke telen mesin. 😖 Uangnya bkl kembali gk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Uda melapor ke cs?
      Kalau sudah melapor apakah uangnya kembali?

      Hapus
  36. Assalamualaikum, sya mengalami kejadian yg agak sma stu jam ug lalu tapi bedanya kartu atm dan uang sya sya ikutan tertelan, apakah saldo di dlam atm ikut termakan jga?

    BalasHapus
  37. Saya baru saja mengalami ya narik 1juta tapi uzngnyz gk kaluar yg keluar cuma kartunya doang tapi saldonya udah kepotong udah lapor kr cs katanya nunggu 14hari pasti blik lg gk sih

    BalasHapus
  38. Saya mengalami hari minggu kmren, uang msk lg k dlm atm sblm sya ambil..
    Sya narik 2,5 jt d atm Link Bri, udh laporan k CS Ktnya nunggu 10 hari krja, d ksh no pengaduan jga, tp sm CS cm d tanya no kartu atm aja sm no ktp tdk d tanya no rekeningnya..
    Td pg k bank BRinya langsung tp tdk d suruh ngisi apa" tdk d tanya no rekening jg krna udh laporan k CS katanya..
    Yg sya mau tanya apakah uang sy bnr" akan kmbali tnpa d tanya no rekening, hanya dgn d tanya no krtu atmnya aja..
    Bagi sya uang 2,5 jt sgt berarti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah sudah kembali kak uangnya??

      Hapus
    2. Ini seperti yg saya alami mba..
      Apakah uang mba sekarang sudah kembali?

      Hapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Pada hari jumat saya melakukan penarikan tunai di atm bri penarikan pertama sebesar 2.500.000 sukses penarikaan kedua juga sukses kemudian penarikan tetahir senilai 1.800.000 sukses uang sudah keluar dari mesin atam tapi apesnya pas mau saya ambil uangya masuk lagi kedalam meain atm.dan lalu saya lapor sama satpam katanya suruh nunggu 1x24 jam karna jejadian itu sore kisaran jam 5 lalu saya pulang dan esok harinya saya urus ke pihak pegawai bank BRI namum hasilnya suruh nunggu nanti mau di kabri.tp sampai sekar g tidak ada kabar sama sekali dri pihak bang.
    Mohon petunjuknay agar uang terswbut dapat kembali lagi ke saldo atam saya.trimakasi

    BalasHapus
  41. barusan saya juga ambil uang 1jt transaksi berhasil tapi uang ketelen,lapor satpam katanya hal sperti itu uda bisa sering terjadi trus sama satpamnya bsok suruh balik lagi ke situ bawa buku tabungan sma KTP katanya bisa kembali uangnya,ya semoga besok berjalan lancar dan bisa kembali uang saya

    BalasHapus
  42. Kejadiannya sama seperti saya kemarin.. uang gajian saya tertelan di mesin. :( Besok Senin saya mau urus di bank di kantor.. mudah2an uang saya bisa kembali

    BalasHapus